Arti Status Pengiriman Sicepat – Aktivitas kirim barang memang sudah dipermudah dengan adanya teknologi canggih seperti sekarang ini. Apalagi terdapat cukup banyak perusahaan expedisi telah menggunakan teknologi, sehingga konsumen bisa melacak pengiriman, cek ongkos kirim, dan beberapa hal lainnya.
Seperti sudah kami sampaikan kepada kalian semua jika terdapat cukup banyak perusahaan expedisi bisa kita manfaatkan untuk kirim barang, contoh saja Sicepat Express. Jasa pengiriman satu ini tidak hanya memberikan layanan pick up saja, Sicepat juga sudah menjalin kerja sama dengan beberapa merchant dan toko ecommerce ternama.
Dengan terjalin kerja sama yang dilakukan Sicepat tentu akan memudahkan bagi setiap konsumen ketika belanja online, bila ingin memilih jasa kurir dari Sicepat. Apabila anda merupakan pelapak atau konsumen dari situs belanja online maka dalam hal kirim paket lebih dipermudah, apalagi layanan dari Sicepat mencakup semua wilayah Indonesia dan bahkan luar negeri.
Bila berbicara mengenai jasa pengiriman satu ini, kami yakin diantara kalian semuanya masih bingung dengan arti status pengiriman Sicepat ketika kalian melakukan cek resi. Dikesempatan sangat baik ini Carabelanja.id akan informasikan kepada kalian semua beberapa arti status dilayanan Sicepat seperti berikut ini.
Arti Status Pengiriman Sicepat Wajib Kalian Ketahui
Apabila kalian perhatikan secara seksama ketika melakukan cek resi pasti akan ada istilah arti status paketan kalian, dari beberapa status tersebut memiliki arti masing-masing. Sama halnya dengan arti status pengiriman Wahana, dimana sama-sama menggunakan bahasa Indonesia sehingga lebih mudah untuk dimengerti.
Apa Itu Sicepat
Sicepat Express adalah salah satu perusahaan jasa pengiriman ternama di Indonesia, dimana kini sudah ribuan counter tersebar disemua wilayah Indonesia. Dari sekian banyak layanan pada expedisi ini, konsumen bisa kirim barang ke luar negeri dengan estimasi waktu 3 sampai 5 hari.
Sicepat Express juga memberikan fitur klaim ketika barang anda hilang atau rusak, namun semua itu tentu ada syarat dan ketentuan berlaku ketika hendak klaim barang. Segala jenis klaim, pengaduan dan lainnya bisa hubungi saja call center Sicepat atau nomor telephone setiap counter.
Layanan Pada Sicepat
Sicepat menjadi salah satu perusahaan jasa pengiriman barang dengan layanan cukup banyak, sehingga konsumen dapat memilih sesuai dengan estimasi sudah ditentukan. Perlu diketahui juga dalam penggunaan layanan dari Sicepat memiliki ongkos kirim cukup bervarian, berikut ini beberapa layanan Sicepat bisa kalian pilih.
1. Reguler
Untuk layanan pertama ialah Reguler, pada layanan ini memiliki estimasi waktu lebih cepat dengan harga ekonomis. Sedangkan untuk pengiriman daerah Jabodetabek akan memiliki estimasi waktu 15 jam tanpa ada biaya tambahan
2. Best
Best adalah layanan dengan estimasi waktu paling cepat bila dibandingkan dengan layanan lainnya, dimana barang akan sampai dalam waktu 24 jam saja. Pada layanan Best berlaku pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, namun ongkos kirim akan disesuaikan dengan jarak atau daerahnya.
3. Cargo
Adapun solusi tepat jika hendak kirim paket dengan ukuran besar, dimana konsumen bisa menggunakan layanan Cargo. Adapun syarat dalam menggunakan layanan Cargo seperti berat lebih dari 5 Kg, lalu untuk estimasi waktu hanya 1 sampai 3 hari saja dengan ongkos kirim lebih murah.
4. Cash On Delivery (COD)
Sicepat juga menyediakan layanan Cash On Delivery (COD), namun pada layanan ini hanya berlaku di daerah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Surabaya saja. Penggunaan layanan ini hanya berlaku ketika konsumen melakukan belanja online yang menyediakan fitur Bayar Ditempat.
5. Sicepat Go
Lalu layanan terakhir akan menjadi solusi bagi banyak orang jika hendak kirim barang ke luar negeri bisa menggunakan layanan Sicepat Go. Pengguna juga bisa menggunakan fitur pick up dengan beberapa syarat berat maksimal 70 kg dan hanya bisa di akses berdomisili Jabodetabek, Surabaya, dan Denpasar.
Barang yang Dilarang di Sicepat
Sama seperti beberapa perusahaan expedisi lainnya, Sicepat juga memiliki beberapa ketentuan seperti hal yang tidak diterima oleh Sicepat untuk pengiriman. Jika kamu belum tahu beberapa barang dilarang kirim lewat jasa pengiriman satu ini, dapat simak ulasan berikut ini.
- Hewan hidup atau sudah diawetkan
- Makanan dan Minuman belum mendapatkan izin dari Depkes
- Segala bentuk bahan cairan tanpa ada surat izin atau surat pernyataan dari pihak terkait
- Tanaman hidup
- Obat-obatan terlarang seperti Narkoba dan lainnya
- Barang berbahaya mudah terbakar atau meledak
- Minuman keras
Cara Kirim Paket Lewat Sicepat
Jika anda merupakan perorangan hendak kirim barang atau paket ke saudara, teman atau rekan bisnis lewat Sicepat namun belum paham betul caranya. Dikesempatan sangat baik ini Carabelanja akan informasikan kepada kalian semua dengan memanfaatkan fitur Pick Up.
- Langkah pertama cukup packing terlebih dahulu, jika merupakan barang mudah rusak sebaiknya dilapisi bubble wrap atau bisa ditambahkan dengan packing kayu.
- Sebelum kalian gunakan fitur pick up ketahui syarat dan ketentuan yaitu minimal pengiriman 5 paket atau setara berat 5 Kg.
- Selanjutnya buka situs Sicepat untuk melakukan cek tarif terlebih dahulu untuk mengetahui estimasi ongkos kirimnya.
- Kemudian hubungi agen Sicepat terdekat di daerah kalian untuk menggunakan fitur Pick up, tunggu hingga petugas atau kurir datang menjemput barang kiriman kalian.
- Apabila kurir sudah sampai maka tinggal lakukan proses pengiriman, lalu anda cukup minta nomor resi paket anda guna melacak paketnya.
Cara Cek Resi Sicepat
Setiap konsumen dapat melakukan cek resi melalui aplikasi atau juga situs resminya, kedua cara sudah kami sebutkan tadi memiliki cara sangat mudah sekali, cukup masukan nomor resi saja. Berikut ini akan kami contohkan cara cek resi Sicepat lewat situs resminya.
- Pastikan kalian sudah mendapatkan nomor resinya
- Langsung saja buka situs resmi Sicepat
- Pada tampilan utama langsung masukan nomor resi pada kolom Track Resi lalu klik Lacak
- Nantinya akan muncul detail barang anda, biasanya berisi istilah arti status pengiriman
- Anda bisa melihat sudah sampai mana paket anda berada
Arti Status Pengiriman Sicepat
Sekian banyak perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia pasti menggunakan beberapa istilah arti status pengiriman, dimana setiap arti istilah terdapat maknanya. Jika anda merupakan pengguna Sicepat bisa simak arti status seperti berikut ini.
Status Pengiriman | Artinya |
Manifested | Paket sudah diterima di kantor Sicepat dan akan lakukan proses pengiriman |
On Transit | Paket sedang transit di kota lain, segera dijadwalkan untuk kirim ke kota tujuan |
On Process | Paket sedang proses pengiriman |
Diterima di Perwakilan (ROD/Received on Destination) | Paket telah tiba di agen Sicepat di daerah tujuan tetapi belum dikirim ke alamat tujuan |
Delivered | Paket sudah diterima oleh si penerima |
Antar Ulang (AU) | Paket sudah dibawa kurir namun belum sempat diantar dan akan diantar hari esoknya |
Bad address (BA) | Alamat tujuan tertera pada paket terjadi kesalahan seperti rt/rw, kode POS dan nomor telephone penerima |
Misroute | Kurir salah jalur atau salah tujuan dan kurir akan segera membetulkan pengiriman paket tersebut |
CODA (Closed Once Delivery Attempt) | Paket sudah diantar oleh kurir tetapi alamat tujuan tidak ada yang menerima atau salah, mohon hubungi counter Sicepat terdekat |
Cnee Unknown | Penerima paket tidak sesuai dengan nama tujuan atau penerima sudah pindah alamat |
NTH (Not Home) | Paket telah diantar tetapi tidak ada yang menerimanya |
Paket Telah di input (Manifested) di [Nama Daerah] | Paket sudah diterima dan sudah di counter Sicepat di daerah pengirim/penjual |
Paket Telah di Terima di [Nama Kota] [Nama Daerah] | Paket sudah sampai di kota tujuan dan daerah tujuan |
Paket Telah di Terima di [Nama Kota] [Nama Daerah] | Paket sudah diterima di gudang Sicepat nama kota tujuan dan daerah tujuan |
Paket Dibawa [SIGESIT – Nama Kurir] | Paket sedang dibawa oleh kurir untuk diantar sesuai dengan alamat tujuan |
Paket Diterima Oleh [NamaOrang/Penerima – (YBS) yang Bersangkutan] | Paket sudah diterima oleh penerima atau orang yang bersangkutan sesuai namanya |
Pick Up | Penjemputan barang kiriman |
Drop | Dimasukan |
Lost | Paket Hilang |
HUB | Gudang |
Diatas merupakan arti status pengiriman dari Sicepat dapat Carabelanja.id informasikan kepada kalian semuanya, istilah seperti diatas memang sangat mudah untuk dipahami dan kami yakin kalian semua tahu arti status tersebut. Mungkin cukup sekian informasi dapat kita sampaikan kepada kalian semuanya dan semoga saja artikel diatas bisa membantu semua pengguna Sicepat Express.