Arti Status Pengiriman Wahana – Sebelumnya ada cukup banyak orang kebingungan ketika hendak kirim barang atau paket, karena belum tersedia cukup banyak layanan pengiriman barang. Namun seiring berkembangnya zaman mulai bermunculan beberapa perusahaan jasa pengiriman barang dapat digunakan seperti Wahana Express contohnya.
Mungkin bagi anda yang suka belanja online melalui beberapa situs seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Lainnya. Kenapa hadirnya perusahaan expedisi dikaitkan dengan situs belanja online ? Hal tersebut dikarenakan beberapa situs tersebut sudah menjalin kerja sama dalam bidang pengiriman.
Alhasil setiap pengguna situs belanja online maupun perorangan bisa menggunakan jasa layanan pengiriman barang Wahana, adapun untuk biaya ongkos kirim dapat dikatakan cukup murah dan itu disesuaikan dengan jaraknya. Dari sekian banyak orang pernah menggunakan Wahana pasti sering mendengar dengan istilah status pengiriman ketika anda melakukan cek resi.
Bila berbicara arti status pengiriman Wahana pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan istilah pengiriman lewat Tiki atau beberapa expedisi lainnya, adapun dalam penggunaan istilah bisa pakai bahasa Indonesia dan ada juga yang menggunakan bahasa Inggris. Untuk pembahasan kali ini Carabelanja.id akan informasikan setiap istilah status pengiriman yang digunakan oleh Wahana, agar lebih jelasnya mari kita simak bersama ulasan berikut ini.
Arti Status Pengiriman Wahana Wajib Kalian Ketahui
Bila kita singgung akan jasa pengiriman expedisi dari Wahana memang terdapat review atau ulasan dari para pengguna sebelumnya, dimana kebanyakan memberikan ulasan sangat baik. Hal itu tentu karena Wahana memberikan layanan paling terbaik kepada setiap konsumen mulai dari pengirim serta penerima, adapaun informasi lengkapnya seperti dibawah ini.
Apa Itu Wahana
Meski cukup banyak orang tahu tentang Wahana Express, namun tidak semua orang tahu akan perusahaan satu ini. Disini Carabelanja sedikit informasikan sedikti tentang Wahana, jika Wahana Express adalah perusahaan jasa pengiriman barang ternama di Indonesia. Semenjak berdiri pada tahun 1998, Wahana mengalami naik turun hingga sampai saat ini namanya sudah dikenal oleh banyak orang.
Wahana Express memiliki prinsip Ketepatan Waktu, Kecepatan, Kehandalan, dan Keamanan dengan memberikan layanan melalui jalur darat, laut dan udara. Selama bediri kurang lebih 20 tahun lamanya kini Wahana sudah memiliki 53 kantor cabang dan 3500+ mitra agen serta 2500 + karyawan, itulah sedikit informasi tentang perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia.
Layanan Pada Wahana
Sama seperti dengan Perusahaan jasa pengiriman lainnya, Wahana Express menyediakan beberapa jenis layanan untuk konsumen ketika ingin kirim barang atau paket. Dari beberapa layanan tersedia masing-masing memiliki etimasi waktu dan ongkos kirim yang berbeda-beda, disini kami akan jelaskan secara detail kepada kamu semuanya.
1. Domestix Express
Layanan pertama dengan nama Domestik Express, pada layanan ini bisa digunakan untuk pengiriman ke seleluruh wilayah di Indonesia dengan biaya onkos kirim sangat ekonomis dan cocok untuk semua kalangan.
2. Singapore Express
Berlanjut ke jenis layanan kedua dengan nama Singapore Express, pada layanan ini merupakan sebuah layanan khusus untuk pengiriman ke luar Negeri yakni Singapore dan lagi-lagi harga ongkos kirimnya sangat terjangkau.
3. Prioritas
Selanjutnya adalah Prioritas, pada layanan ini merupakan salah satu layanan dengan estimasi waktu sangat cepat bila dibandingkan dengan beberapa layanan lainnya. Namun layanan ini akan memiliki ongkos kirim lebih mahal, karena estimasi waktu pengiriman cuma 24 jam.
4. Tujuan Khusus
Lalu layanan terakhir ialah Tujuan Khusus, layanan satu ini merupakan sebuah pengiriman untuk gedung atau perkantoran dan apartemen. Sama dengan layanan lainnya, untuk ongkos kirim sangat ekonomis.
Barang yang dilarang di Wahana
Bagi setiap konsumen setia Wahana Express juga harus tahu akan syarat dan ketentuan jika menggunakan layanan dari expedisi satu ini, pasalnya terdapat jenis barang atau paket yang dilarang dikirim melalui Wahana Express seperti berikut ini.
- Uang Tunai
- Dokumen
- Handphone dan Sejenisnya
- Barang berharga seperti emas
- Barang mudah terbakar atau mudah meledak
- Senjata tajam maupun senjata api
- Minuman Keras
- Obat-obatan terlarang
- Cairan dalam bentuk apapun itu
- Binatang hidup atau tanaman hidup
- Bagian-bagian hewan langka yang sudah diawetkan
- Abu tubuh atau organ manusia
- Limbah
Cara Kirim Paket Lewat Wahana
Meski dalam hal cara kirim paket melalui Wahana tergolong mudah, namun tidak ada salahnya jika kami informasikan kembali. Hal ini bertujuan agar dalam proses pengiriman tidak terjadi kesalahan seperti salah packing atau beberapa hal lainnya.
- Pastikan paket akan dikirim sudah dikemas dengan tingkat keamanan sangat tinggi, utamakan dilapisi dengan bubble wrap atau packing kayu sekiranya menurut anda aman.
- Apabila paket sudah dipacking dengan benar dengan mencantumkan alamat tujuan lebih lengkap serta berikan peringatan seperti barang mudah pecah atau lainnya, selanjutnya cukup kunjungi saja agen Wahana Express terdekat.
- Setelah sampai di agen silahkan ikuti prosedur dari pihak agen untuk menghitung seberapa besar biaya ongkos kirim yang akan dikenakan oleh paket kiriman anda.
- Jika sudah diperhitungkan mulai dari berat, ukuran packing dan kota tujuan maka anda cukup bayar ongkos kirimnya.
- Jika sudah maka langkah terakhir anda cukup minta nomor resi pada paket kalian kirimkan tadi agar bisa melacak paket anda.
Cara Cek Resi Wahana
Adapun dalam melakukan cek resi bisa dilakukan menggunakan beberapa cara sudah tersedia, semisalnya saja kalian beli lewat situs belanja online dapat cek langsung lewat aplikasinya saja. Akan tetapi jika anda ingin lebih jelas bisa cek lewat situs resminya, disini anda tidak hanya bisa melakukan cek resi saja, anda juga bisa cek estimasi ongkos kirim paket.
- Pastikan sudah tahu nomor resi paketnya, setelah itu cukup buka situs resminya saja
- Pada tampilan utamanya akan muncul beberapa opsi, silahkan kalian masukan nomor resi pada menu Lacak Kiriman
- Setelah memasukan nomor resi dengan benar, maka langkah berikutnya cukup klik saja Lacak
- Maka secara otomatis sistem akan memunculkan detail perjalanan paket anda secara detail dengan beberapa arti status pengiriman Wahana
Arti Status Pengiriman Wahana
Berlanjut ke pembahasan paling utama ialah arti status dalam pengiriman di wahana, ketika kalian melakukan cek resi maka akan muncul beberapa arti status seperti Paket Sudah Tiba di HUB arti status tersebut ialah paket sudah sampai di gudang dan ada beberapa arti status pengiriman lainnya, disini Carabelanja.id akan informasikan arti dari beberapa status pengiriman.
Status Pengiriman | Artinya |
Barang telah diterima oleh Wahana | Paket sudah diterima dan akan segera dikirim oleh Wahana |
Diterima di Sales Counter Agen WPL | Paket anda sudah diterima oleh sales Wahana Agen WPL |
Di pickup oleh petugas (Nama Daerah/Lokasi) | Paket sudah dijemput oleh petugas dan akan dikirim dari daerah pengirim ke lokasi tujuan paket |
Diterima di fasilitas Wahana HUB | Paket sudah diterima di Gudang Wahana kota tujuan |
Pengiriman dari HUB (Nama Daerah/Lokasi)ke (Nama Daerah/Lokasi) | Paket sedang dikirim dari gudang Wahana ke agen Wahana di daerah tujuan |
Diterima di fasilitas WAHANA (Nama Daerah/Lokasi) | Paket sudah diterima di agen Wahana di daerah tujuan |
Pengiriman dari (Nama Daerah/Lokasi) ke (Nama Daerah/Lokasi) | Paket sedang dikirim dari daerah tujuan menuju ke lokasi tujuan |
Proses pengantaran oleh kurir (Nama Daerah), (Nama Kurir) | Paket sedang diantar oleh kurir dan akan dikirim sesuai alamat tujuan |
Paket Diterima Oleh | Paket sudah diterima oleh si penerima atau orang serumah |
Retur | Alamat dituju belum ketemu dan akan kirim lagi hari esoknya |
Alamat Tidak Ditemukan | Alamat yang tujuan tidak ditemukan oleh kurir karena alamat tidak tepat |
HUB | Gudang Wahana |
Arti status pengiriman seperti diatas memang sangat mudah untuk dibaca oleh semua konsumen dikarenakan menggunakan bahasa Indonesia yang mudah di pahami, hal ini akan berbeda jika arti status pengiriman menggunakan bahasa Inggris contohnya cukup sulit tahu arti atau maksudnya. Adapun melakukan klaim bisa hubungi call center dengan nomor (+62) 21 7341688, mungkin cukup sekian artikel dari Carabelanja.id dapat kami sajikan dan semoga dapat bermanfaat bagi kalian semuanya.