Cara Komplain Tokopedia – Ketika memilih belanja online pasti ada kelebihan dan kekurangannya, sama seperti halnya ketika anda melakukan belanja secara offline. Namun ada cukup banyak orang lebih suka untuk memilih belanja segala kebutuhan di marketplace, karena produk sudah pasti ada dan harganya lebih murah.
Terlebih saat ini ada cukup banyak toko online yang bisa anda pilih, salah satunya adalah Tokopedia. Menjadi salah satu marketplace ternama di Indonesia dan memiliki banyak sekali pengguna, Tokopedia memberikan cukup banyak fitur untuk memudahkan para pengguna maupun sebagai penjual.
Salah satunya adalah fitur komplain yang ditujukan kepada setiap seller, jadi para pengguna yang belanja di salah satu toko bisa melakukan komplain apabila barang tidak sesuai ataupun rusak. Namun untuk menggunakannya terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku, sehingga proses komplain bisa diterima.
Saat ini ada cukup banyak komplain yang sering dilakukan oleh pengguna ataupun sebagai penjual, dan untuk melakukannya juga harus sesuai dengan ketentuan seperti yang sudah Carabelanja.id sampaikan tadi. Untuk mengetahui cara komplain Tokopedia, silahkan simak saja ulasan seperti berikut ini.
Cara Komplain Tokopedia Produk Tidak Sesuai & Rusak
Sama sepeti halnya ketika anda ingin BATALKAN PESANAN dimana terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk mengetahui lebih jelasnya mulai dari persyaratan hingga caranya, dapat simak seperti dibawah ini.
Syarat Komplain Tokopedia
Sebagaimana yang sudah kami janjikan kepada anda semua, sebelum lanjut ke pembahasan utamanya. Disini akan jelaskan terlebih dahulu beberapa ketentuan yang harus diperhatikan sekali.
- Pastikan barang sudah anda terima
- Jangan klik Selesai terlebih dahulu
- Pastikan barang memang tidak sesuai atau rusak
- Ketika buka paket, sebaiknya di buat video
Cara Komplain Tokopedia
Merupakan sebuah situs belanja online yang bisa di akses lewat aplikasi dan menu desktop, maka kami akan berikan kedua caranya. Jadi silahkan pilih saja mau menggunakan opsi yang mana.
Cara komplain Tokopedia Lewat Aplikasi
- Pertama buka aplikasi Tokopedia, lalu dilanjutkan klik notifikasi dengan icon lonceng
- Setelah itu lanjut saja klik menu Sampai Tujuan
- Silahkan klik saja produk yang akan anda ajukan komplain
- Nantinya akan muncul cukup banyak menu, silahkan pilih saja Komplain
- Kemudian dilanjutkan pilih kategorinya, pilih saja Pesanan Sudah Diterima (Semua/Sebagaian)
- Berikutnya cukup masaukan alasan, pilih saja Produk tidak sesuai deskripsi/Produk Rusak
- Lalu langkah selanjutnya cukup masukan pesan deskripsi dan juga upload bukti berupa video atau foto
- Jika dirasa sudah semuanya, langsung klik Ya, Ajukan Komplain
Cara Komplain Tokopedia Lewat Desktop
- Langkah pertama buka situs Tokopedia lewat perangkat PC/Laptop
- Pada tampilan utamanya langsung saja klik menu Notifikasi dengan icon lonceng
- Lalu dilanjutkan klik menu Sampai Tujuan
- Selanjutnya tinggal pilih saja transaksi yang akan anda ajukan komplain
- Nantinya akan muncul menu Ajukan Komplain, silahkan klik saja
- Kemudian pilih kategori Pesanan sudah diterima (Semua/Sebagian)
- Lalu langkah berikutnya pilih opsi Produk tidak Sesuai Deskripsi/Produk Rusak
- Berikutnya cukup lengkapi pengajuan komplain dengan cara masukan pesan deskripsi, masukan foto dan video
- Setelah itu cukup klik saja Simpan
- Nantinya akan muncul notifikasi konfirmasi, silahkan klik saja Ya, Ajukan Komplain
FAQ
Ya, tentu saja bisa anda cukup klik saja Tambah Komplain
Jika pengguna mengikuti prosedur sesuai syarat dan ketentuan, maka proses akan lebih cepat
Nah seperti itulah pembahasan mengenai cara komplain Tokopedia untuk pesanan tidak sesuai deskripsi atau produk rusak yang bisa Carabelanja.id sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua pengguna yang sedang membutuhkannya.