Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia – Aktivitas belanja online memang sudah menjadi hal biasa bagi kebanyakan orang, karena untuk sekarang ini terdapat cukup banyak situs belanja online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Buka Lapak, dan masih banyak lagi lainnya.
Meski terdapat banyak perusahaan ecommerce sudah kami sebutkan tadi, Tokopedia menjadi pilihan utama bagi kebanyak orang. Dengan mengakses aplikasi Tokopedia, anda dapat melakukan aktivitas berbelanja secara online sesuai kebutuhan masing-masing. Selain itu juga, Tokopedia memiliki cukup banyak layanan yang bisa anda gunakan seperti bayar tagihan, angsuran, top up pulsa & data dan lainnya.
Seperti sudah Carabelanja sampaikan kepada anda semua tadi, pada aplikasi Tokopedia sudah tersedia layanan pembatalan pesanan yang bisa digunakan oleh pembeli dan penjual. Layanan ini dapat dipakai ketika terjadi kesalahan pada pesanan seperti salah memasukan alamat pengiriman, salah memilih barang dan masih banyak alasan kuat untuk membatalkan pesanan.
Bila berbicara soal layanan pembatalan di aplikasi Tokopedia, tentunya terdapat syarat dan ketentuan seperti halnya BATALKAN PESANAN SHOPEE. Jika anda ingin menggunakan layanan ini, maka ketahui terlebih dahulu beberapa poin penting untuk pengajuan pembatalan pesanan yang sudah terverifikasi atau sudah diproses oleh penjual.
Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia Telah Terverifikasi
Seperti sudah Carabelanja.id sebutkan tadi, soal cara membatalkan pesanan di Tokopedia jika sudah terverifikasi, maka pastikan dahulu akan syarat dan ketentuannya. Apabila anda sedang mengalami hal seperti ini dan ingin tahu seperti apa langkah-langkahnya ? Anda bisa simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan dibawah ini.
Syarat dan Ketentuan Ajukan Pembatalan Pesanan di Tokopedia
- Proses pengajuan pembatalan akan muncul selama 3 jam setelah pembayaran terverifikasi oleh Tokopedia atau sejak pesanan diteruskan ke pihak penjual
- Pengajuan pembatalan pesanan anda akan direspon oleh penjual hingga maksimal 1×24 jam hari kerja, terhitung sejak pesanan terverifikasi
- Penjual berhak menolak pengajuan pembatalan dari pihak pembeli dengan alasan tertentu, sehingga pesanan akan tetap diproses seperti biasa
- Pembeli hanya bisa menggunakan fitur pembatalan sebanyak 2 x dalam waktu satu bulan
- Batas waktu pengajuan pembatalan hanya 3 jam sejak pesanan anda sudah terverifikasi
Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia Lewat Aplikasi
1. Buka Aplikasi Tokopedia
Silahkan buka aplikasi Tokopedia lewat smartphone, pastikan aplikasi sudah menggunakan versi terbaru
2. Pilih Menu Daftar Transaksi
Pada tampilan utama aplikasi, silahkan buka saja icon notifikasi atau juga akun, kemudian pilih Daftar Transaksi dan klik Detail Pesanan anda
3. Pilih Batalkan Pesanan
Setelah masuk ke detail pesanan anda, silahkan klik tanda titik tiga lalu dilanjutkan untuk klik Batalkan Pesanan
4. Pilih Alasan Pembatalan
Kemudian anda diharuskan untuk memilih alasan pembatalan, silahkan Pilih Alasan yang tersedia
5. Masukan Informasi Pesanan
Jika anda memilih alasan mengubah pesanan, maka Masukan Informasi pesanan yang akan diubah
6. Konfirmasi Batalkan Pesanan
Apabila sudah melakukan langkah-langkah seperti diatas, selanjutnya cukup konfirmasi Batalkan Pesanan
7. Pesanan Pembatalan Berhasil
Proses pembatalan pesanan anda Berhasil dibatalkan secara otomatis, jika anda sudah melakukan sebanyak 2 x maka harus ada konfirmasi dari penjual apakah diterima atau ditolak
Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia Lewat Desktop
1. Buka Halaman Tokopedia
Langsung saja buka halaman Tokopedia lewat perangkat PC atau Laptop, lalu dilanjutkan login ke akun Tokopedia anda
2. Pilih Lihat Detail Pesanan
Selanjutnya cukup klik icon notifikasi dan klik Detail Transaksi, kemudian dilanjutkan klik Detail Pesanan anda
3. Ajukan Pembatalan
Setelah masuk ke detail pesanan, maka akan muncul opsi Chat Penjual dan Ajukan Pembatalan, silahkan klik saja Ajukan Pembatalan
4. Masukan Alasan Pembatalan
Sama seperti proses pembatalan melalui aplikasi, anda harus Pilih Alasan pembatalan, jika pilihan tersebut tidak mewakili maka bisa pilih saja Lainnya
5. Konfirmasi Ajukan Pembatalan
Lalu untuk langkah yang terakhir cukup klik Ajukan, maka proses pembatalan pesanan anda sudah Berhasil
Setelah proses pengajuan batalkan pesanan berhasil, dari pihak Tokopedia akan mengembalikan dana refund ke saldo Refund, OVO atau juga bisa ke Limit Kartu Kredit anda. Itulah informasi yang dapat Carabelanja.id sampaikan kepada anda semua, semoga saja artikel seperti diatas bisa membantu anda semua.