Cara Mengirim Barang Lewat POS – POS Indonesia salah satu perusahaan dari Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) yang bergerak dibidang layanan POS, pengiriman dokumen dan barang. Setiap pengguna bisa melakukan kirim barang/dokumen dalam negeri maupun ke luar negeri.
Untuk memberikan pelayanan yang nyaman dan aman kepada setiap pengguna, POS Indonesia memberikan beberapa layanan dengan estimasi waktu yang berbeda-beda seperti Kilat Khusus, POS Express. Selain itu juga pengguna juga bisa memanfaatkan layanan bayar ditempat loh alias COD.
Meski kini sudah dimudahkan dengan cukup banyak layanan yang tersedia, tidak semua orang tahu bagaimana cara mengirim barang lewat POS. Bagi pemula atau baru pertama kali kirim paket, pastinya akan merasa bingung langkah apa yang harus pertama kali dilakukan.
Sebetulnya tidak jauh berbeda dengan CARA MENGIRIM BARANG LEWAT TIKI, prosedur dan tata caranya sama persis. Jika kalian tetap masih merasa bingung dalam hal ini, alangkah baiknya untuk simak ulasan dari Carabelanja.id seperti berikut.
Panduan Cara Mengirim Barang Lewat POS
Terdapat beberapa tahapan sebelum kalian menuju ke kantor POS untuk mengirim barang, tahap pertama lakukan packing terlebih dahulu. Setelah itu mengisi alamat pengiriman, pada langkah ini pastikan MENULIS ALAMAT PENGIRMAN LEWAT POS harus lengkap dan detail agar paket sampai tujuan aman dan tidak rusak.
Paket yang Dilarang Menggunakan POS
Sama seperti expedisi pengiriman lainnya, sudah pasti memiliki ketentuan seperti beberapa paket barang yang tidak bisa dikirim. Berikut ini beberapa kiriman yang dilarang menggunakan layanan POS Indonesia.
- Paket yang dapat menyebabkan paket lain kotor, merusak fasilitas dari POS
- Binatang
- Uang
- Bahan-bahan terlarang yang dikategorikan NAZA (Narkotika dan Zat Adiktif)
- Bahan-bahan yang mudah terbakar dan mudah meledak
- Barang yang dikategorikan melanggar kesusilaan seperti buku buku, majalah, film porno dan lainnya
- Dokumen yang berisi mengundang perselisihan antara suku, ras dan agama
Jenis Layanan Dari POS Indonesia
Sebagai salah satu perusahaan expedisi jasa pengiriman milik dari BUMN, POS Indonesia memiliki cukup banyak layanan seperti Domestik dan Internasional. Berikut ini detail layanan yang bisa kalian pilih baik pengiriman dari dalam negeri maupun ke luar negeri.
- Domestik : Pos Express, Pos Kilat Khusus, Pos Jumbo Ekonomi, Layanan Standar, Q9 Sameday Service, Qcom dan Qposin Aja
- Internasional : Layanan Prioritas dan Layanan Standar
Cek Ongkir POS
Sebagai pengguna baru ketika ingin mengirim paket barang lewat POS pastinya belum tahu pasti seberapa besar biaya ongkos kirimnya. Untuk mengetahuinya, kalian bisa lakukan cek ongkos kirim terlebih dahulu, berikut ini cara cek ongkir lewat website POS Indonesia.
- Silahkan buka webiste resmi POS Indonesia lewat perangkat PC/Laptop dan HP
- Selanjutnya cukup klik saja menu Hitung Tarif Pengiriman, langsung saja masukan kota asal dan kota pengiriman dan setelah itu masukan berat paket lalu klik Cek Tarif
- Pada menu selanjutnya silahkan isi ukuran packing (Panjang x Lebar x Tinggi) masukan harga paket, lalu klik Cek Tarif
- Tunggu beberapa saat nantinya akan muncul tarif ongkos kirim dari beberapa layanan yang tersedia
Cara Mengirim Barang Lewat POS
- Pertama cukup packing paket barang yang akan kalian kirim, pastikan jika packing yang dilakukan rajin dan aman dari goncangan
- Selanjutnya cukup lengkapi dengan alamat pengiriman, dalam menulis alamat pengiriman paket barang POS lengkap dan detail agar kurir lebih mudah mencari alamat tujuan
- Jika paket barang sudah siap untuk dikirim, silahkan cari lokasi Kantor POS terekat dengan lokasi kalian, dapat cari saja di google maupun webiste resminya
- Setelah menemukan lokasi Kantor POS terdekat, maka langkah berikutnya cukup kunjungi Kantor POS saja dan pastikan bukan hari libur yah
- Langsung saja menuju ke petugas yang sedang berjaga dan informasikan hendak kirim paket barang
- Petugas akan memproses paket kalian,biasanya akan ditanyakan isi dari paket tersebut, mengukur dimensi paket dan berat paket
- Setelah proses pendataan sudah selesai, maka kalian akan ditanyakan mau menggunakan layanan apa dan masing-masing memiliki estimasi waktu dan harga berbeda, silahkan tentukan mau gunakan yang mana
- Jika sudah menentukan, maka petugas akan informasikan biaya yang dikenakan pada layanan yang dipilih, silahkan langsung saja dibayar
- Apabila proses pembayaran sudah berhasil, selanjutnya kalian akan diberikan bukti pembayaran yang didalamnya berisi detail pengiriman serta Nomor Resi
- Setelah proses pengiriman berhasil, selanjutnya konfirmasikan kepada pihak penerima dan berikan Nomor Resi agar bisa melacak paket tersebut sudah sampai dimana
- Paket telah sampai tujuan, apabila paket barang sudah sampai tujuan sesuai alamat yang tertera maka kalian akan mendapatkan pemberitahuan jika paket barang sudah sampai tujuan
Call Center POS
Untuk mengetahui tentang paket kiriman kalian memang bisa melakukan cek resi, namun berbeda jika paket mengalami permasalahan seperti belum sampai dan hal lainnya. Sehingga pihak pengirim dan penerima bingung bagaimana cara mengatasinya.
Permasalahan seperti ini memang sudah dianggap biasa bagi kebanyakan orang, karena semua bisa diatasi dengan cara hubungi call center saja. Untuk bisa menghubunginya silahkan lakukan panggilan di nomor 161 atau bisa lewat email halopos@posindonesia.co.id.
FAQ
Untuk saat ini POS Indonesia tidak menyediakan fitur Pick up, jika hendak kirim paket barang harus datang langsung ke Kantor POS Terdekat.
Ya, setiap pengguna bisa unduh aplikasi resminya dengan nama QPOSIN AJA
Caranya sama seperti diatas, silahkan kalian konfirmasikan saja kepada petugas hendak kirim ke luar negeri
Nah itulah informasi mengenai cara mengirim barang lewat POS Indonesia yang bisa Carabelanja.id sampaikan kepada kalian semuanya. Semoga saja pembahasan kali ini bisa membantu bagi semua pengguna yang masih bingung dengan caranya.